Home » » Amankah Password Anda?

Amankah Password Anda?

Written By Achmad maulana firmansyah on Sunday, August 5, 2012 | 1:06 AM

Amankah Password Anda?

Posted on 27 July 2012 by Blogger Newbie.
Categories: Teknologi & Informasi, Tips dan Trik.
Kasus bocornya ribuan password pada situs besar seperti linkedin atau Yahoo beberapa waktu lalu, selain disebabkan karena kurangnya perhatian pengelola website terhadap keamanan data-data (password) pengguna juga karena lemahnya kombinasi password pengguna itu sendiri. Kebanyakan kombinasi password yang berhasil di-crack oleh peretas adalah “123456″ atau cukup dengan kata “password”.
Keteledoran semacam ini akan berakibat fatal jika digunakan untuk mengamankan sebuah akun yang sifatnya sensitif, seperti akun internet banking atau online shop. Sebelum hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi pada kita, ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips sederhana dari seorang ahli keamanan perusahaan Norton, David Hall. Berikut tipsnya :
  • Usahakan Anda menggunakan password yang berbeda untuk setiap akun atau website.
  • Pastikan juga password Anda menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, simbol dan angka dengan panjang minimal 10 karakter.
  • Isilah pertanyaan keamanan yang sulit ditebak, misalnya jangan memilih pertanyaan “siapa nama depan ibu Anda”, lalu Anda mengisinya dengan nama yang sesungguhnya. Ini fatal!
  • Jangan pernah contreng  ‘Ingat kata sandi saya’ ketika Anda pertama kali login di suatu website, jangan lupa agar selalu logout ketika selesai menggunakannya.
  • Gunakan link ini → Password Generator untuk membuat password yang jauh lebih aman. Tools ini dibuat oleh Norton.
Bagi Anda yang sudah terlanjur percaya, bahwa kombinasi password Anda sekarang sudah aman, silahkan uji keamanan password Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan singkat berikut lalu lihat hasil akhirnya pada halaman paling bawah :

Pertanyaan 1

Ketika membuat password, apakah Anda sudah menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, simbol dan angka?
a. Ya, selalu (5 poin)
b. Beberapa tapi tidak semua (3 poin)
c. Tidak pernah / ini bukan sesuatu yang saya pikirkan (1 poin)

Pertanyaan 2

Apakah Anda memilih menggunakan tanggal hari ulang tahun Anda sebagai password Anda?
a. Tidak, itu terlalu jelas! (5 poin)
b. Kadang-kadang, untuk satu atau dua password saya (3 poin)
c. Ya, agar saya tidak mungkin lupa! (1 poin)

Pertanyaan 3

Bisakah seseorang menguraikan password Anda cukup dengan melacak Anda pada media sosial?
a) Tidak, password saya acak (5 poin)
b) Mungkin, jika mereka melacak secara dengan sungguh-sungguh (3 poin)
c) Ya, itu tidak akan sangat sulit (1 poin)

Pertanyaan 4

Adakah kemungkinan orang yang Anda kenal atau bahkan tidak Anda kenal bisa mengetahui jawaban pertanyaan keamanan yang pernah Anda tulis?
a) 7-10 – Tidak ada yang bisa menebak itu (5 poin)
b) 4 -7 – Hanya teman dekat saya yang bisa menjawabnya (3 poin)
c) 1-3 – Sudah cukup jelas (1 poin)

Pertanyaan 5

Di mana Anda menyimpan password Anda?
a) Dalam satu tempat  online yang aman (5 poin)
b) Hanya di kepala saya (3 poin)
c) Pada selembar kertas di rumah (1 poin)

Pertanyaan 6

Pertanyaan ini mirip dengan nomor 4, bisakah sahabat Anda menebak password Anda?
a) Tidak akan mungkin mereka bisa menebaknya (5 poin)
b) Mungkin beberapa password saya – Saya mencoba dan menjaga password saya bervariasi (3 poin)
c) Ya. Mereka sangat mengetahui saya (1 poin)

Pertanyaan 7

Pilihlah salah satu jenis password yang pernah Anda gunakan:
(Mulailah dengan lima poin; Kurangi satu poin untuk setiap kata yang Anda lingkari)
• 123456
• qwerty
• password
• nama hewan peliharaan Anda
• Nama Anda sendiri
• Nama orangtua
• Tanggal Ulang Tahun Anda

Pertanyaan 8

Apakah selama ini Anda menggunakan password yang sama untuk beberapa account?
a) Tidak, semua berbeda (5 poin)
b) Ya, mungkin 1-2 (3 poin)
c) Ya, semua sama (1 poin)

Pertanyaan 9

Apakah Anda selalu logout dari halaman aman Anda / perangkat setiap kali Anda selesai menggunakan perangkat tersebut?
a) Ya, selalu (5 poin)
b) Jika saya ingat (3 poin)
c) Tidak, apa gunanya? (1 poin)

Pertanyaan 10

Apakah Anda menggunakan perangkat lunak seperti antivirus untuk melindungi identitas Anda?
a) Ya, saya menggunakan perangkat online yang aman yang melindungi saya dari situs yang tidak aman , pencurian password dan kredensial online lainnya (5 poin)
b) Saya memiliki perangkat lunak untuk perlindungan identitas pada beberapa perangkat saya tapi tidak semuanya (3 poin)
c) Tidak, saya pikir saya bisa membedakan situs yang aman dan yang tidak (1 poin)

Hasil

Nilai : 40 – 50
Selamat! Password Anda aman. Password Anda akan sulit untuk ditebak.
Nilai : 21 – 39
Anda mungkin sudah tahu pentingnya menggunakan password yang kuat. Sayangnya, password Anda masih rentan terhadap ancaman.
Skor: 1 – 20
Ini fatal! Password dan informasi pribadi Anda sangat beresiko tinggi terkena hack peretas

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kumis post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger