Home » »

Written By Achmad maulana firmansyah on Thursday, October 4, 2012 | 2:07 AM

11 Brand Paling Mahal di Jagat Teknologi

Fino Yurio Kristo - detikinet

Jakarta - Dunia teknologi dipenuhi dengan berbagai merek terkenal. Namun, merek mana saja yang dianggap punya nilai paling tinggi?

Interbrand selaku perusahaan konsultasi brand global baru saja merilis daftar terbaru merek paling bernilai di dunia. Beberapa di antaranya adalah merek yang sudah familiar di jagat teknologi.

Berikut brand teknologi yang dinilai paling berharga di dunia menurut penelitian Interbrand yang detikINET kutip dari Business Insider, Rabu (3/10/2012).
 

11. Amazon - USD 18,6 miliar

Amazon adalah retail online terbesar di dunia. Mereka sukses di banyak bidang, termasuk pada pemasaran tablet PC Kindle Fire yang murah, akan tetapi spesifikasinya mumpuni.

Amazon didirikan oleh Jeff Bezos. Perusahaan ini awalnya menempati markas di garasi sehingga mungkin tidak ada yang mengira Amazon bisa meraksasa seperti sekarang.

10. Nokia - USD 21 miliar

Boleh saja peruntungan Nokia sedang buruk belakangan ini, di mana mereka keteteran melawan vendor Android dan iPhone. Namun merek mereka masih cukup bernilai.

Namun harus diakui merek Nokia tidak lagi sebaik dulu dan nilai brand mereka turun 16% dari tahun lalu. Mereka bukan lagi vendor ponsel terbesar di dunia meski pernah memegang status tersebut dalam waktu yang lama.

9. Oracle - USD 22,1 miliar

Oracle adalah perusahaan software enterprise raksasa. Tidak heran nilai brand mereka cukup tinggi, mencapai USD 22,1 miliar menurut perhitungan Interbrand.

Oracle didirkan oleh Larry Ellison yang sekarang termasuk sosok terkaya di dunia teknologi. Baru-baru ini, Larry membeli sebuah pulau di Hawaii.

8. Hewlett Packard - USD 26,1 miliar

Nilai brand HP menurun 8% dari tahun lalu. Memang sedang banyak pergolakan terjadi di vendor asal Amerika Serikat ini.

Seperti terkikisnya pangsa pasar mereka di sektor komputer. Hingga masa transisi agar semakin bertaji di pasar software enterprise, tidak terlalu mengandalkan lagi bisnis konsumer

7. Cisco

Nilai brand Cisco naik 7% dari tahun lalu. Perusahaan ini dikenal sukses dalam bisnis perangkat switching dan router, terutama di sektor enterprise.

Namun di bisnis konsumer, mereka juga cukup sukses. Untuk memompa performa bisnis, Cisco baru-baru ini mengakuisisi perusahaan software bernama NDS.

6. Samsung - USD 32,9 miliar

Samsung terus menanjak dan nilai mereknya naik 40% dari tahun lalu. Mereka memang sedang memimpin di berbagai bidang, seperti televisi dan smartphone.

Di ranah smartphone, Samsung punya sekitar 20% pangsa pasar. Ia adalah lawan kuat dari Apple yang mengandalkan iPhone.

5. Intel-USD 39,4 Miliar

Intel barangkali masih paling terkenal di industri prosesor. Namun demikian, nilai brand mereka menurun 12% dari tahun lalu.

Mungkin karena Intel kurang begitu sigap mengantisipasi perkembangan smartphone dan tablet. Di sektor perangkat mobile ini, Intel masih kalah dari ARM.

4. Microsoft - USD 57,9 miliar

Microsoft selalu konsisten masuk papan atas brand paling bernilai. Nilai brand mereka hanya turun 2% dari tahun lalu.

Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen ini sedang mempersiapkan pemasaran sistem operasi Windows 8. OS ini dirancang bekerja sama baiknya di komputer PC maupun perangkat ponsel.

3.Google - USD 69,7 miliar

Brand Google bernilai USD 69,7 miliar. Itu adalah kenaikan sebesar 26% dari tahun lalu.

Memang Google tengah bersinar. OS Android buatan mereka tengah perkasa. Mereka juga baru merampungkan proses akuisis terhadap vendor ponsel Motorola.

2. IBM - USD 75,5 miliar

IBM terus berkembang menjadi perusahaan software dan hardware papan atas di enterprise. Vendor ini memiliki nilai brand USD 75,5 miliar, naik 2% dari tahun sebelumnya.

IBM dulu pernah berbisnis komputer yang terjenal dengan nama Thinkpad. Namun sekitar tahun 2000-an dijual kepada Lenovo.

1. Apple - USD 76,6 miliar

Apple masih terus mengibarkan panji-panji kejayaannya. Di jagat teknologi, brand mereka adalah yang paling bernilai menurut Interbrand. Mereka juga menjadi perusahaan dengan market cap terbesar di dunia.

Baru-baru ini, Apple memasarkan iPhone 5. Meski dilaporkan banyak kekurangan, handset ini tetap cukup laris terjual, mencapai 5 juta unit dalam minggu pertama pemasarannya.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kumis post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger