Home » »

Written By Achmad maulana firmansyah on Friday, August 3, 2012 | 11:25 AM

Cara Mengeset Program Default untuk Membuka Suatu Tipe File di Mac OS X

Ini pengalaman pribadi saya yang terbiasa menggunakan Windows dan masih newbie dalam menggunakan Mac OS. Pada Windows kita bisa dengan mudah mengeset aplikasi apa yang akan kita gunakan untuk membuka suatu tipe file.
Bisa dengan cara mengklik kanan file dengan tipe bersangkutan lalu memilih Open with lalu kita klik Choose default program sehingga kita bisa memilih aplikasi yang akan digunakan setiap membuka file dengan tipe file tersebut. Atau ada juga di Control Panel pada bagian Default Program, di sini kita diberi kemudahan dalam mengelola aplikasi dalam membuka suatu tipe file.

Nah lalu bagaimana dengan di Mac OS?
Di Mac OS saya mengalami kesulitan dalam mengeset suatu tipe file untuk selalu dibuka oleh suatu aplikasi yang kita inginkan. Kita bisa saja mengklik kanan pada file dengan tipe file tersebut, lalu klik Open With, lalu klik Other, lalu centang bagian Always Open With. Pada contoh gambar di bawah saya mencoba membuka suatu berkas SWF dengan aplikasi Flash Player (default bawaannya membuka berkas SWF adalah dengan menggunakan aplikasi Flash Professional yang tentu sangat berat dan tidak efisien untuk hanya membuka file SWF). Namun menggunakan cara ini, Mac OS hanya membuka menggunakan default aplikasi Flash Player untuk file bersangkutan saja, bukan untuk kesemua file dengan tipe file SWF.

Nah, ternyata ada cara berbeda untuk mengeset default program dalam membuka suatu tipe file tertentu. Yaitu caranya seperti berikut, misal saya mau merubah default program untuk membuka tipe file SWF yang asalnya menggunakan Flash Professional menjadi menggunakan Flash Player:
  1. Cari file dengan tipe file yang mau kita rubah default programnya, dalam hal ini saya mencari file dengan tipe file SWF.
  2. Lakukan secondary click / control click (atau klik kanan / right click bagi yang terbiasa dengan istilah pada Windows hehe) pada file tersebut. Pilih Get Info.

  1. Maka akan keluar jendela Get Info seperti berikut:

  1. Lalu expand bagian Open with:

  1. Nah sekarang terlihat bahwa masih Adobe Flash CS5 yang digunakan sebagai aplikasi default untuk membuka tipe file SWF. Klik dropdownnya, ganti dengan aplikasi yang kita inginkan, dalam hal ini saya memilih Adobe Flash Player.

Lalu, terakhir, klik tombol Check All. Supaya setiap kali kita membuka tipe file SWF akan selalu mengunakan aplikasi Adobe Flash Player untuk membukanya. Selesai, masalah ters
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kumis post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger