Home » » Mengenal Memristor

Mengenal Memristor

Written By Achmad maulana firmansyah on Monday, August 6, 2012 | 10:34 AM

Mengenal Memristor (Ada yang tau belom?)

Posted on 31 August 2010 by Millicent's No Idea.
Categories: Teknologi & Informasi.
Sempat terabaikan selama puluhan tahun, memristor mungkin akan menjadi komponen elektronika yang penting dalam industri chip masa depan. Sebab, komponen tersebut tidak hanya mudah dibuat dalam ukuran sangat kecil, namun dapat dirangkai menjadi transistor sekaligus menyimpan memori.

Teori mengenai memristor telah diperkenalkan sejak tahun 1971 oleh Profesor Leon Chua dari Universitas California, Berkeley, AS. Dalam ilmu elektronika, ini merupakan komponen dasar keempat setelah kapasitor, resistor, dan induktor.
Meski sudah hampir 40 tahun diperkenalkan, baru kali ini komponen tersebut dapat dibuat. Seperti dilaporkan jurnal Nature, para peneliti di laboratorium milik Hewlett Packard telah berhasil membuat rangkaian memristor dengan teknologi crossbar latch yang telah dikembangkan sejak tahun 2005.
Disebut memristor karena komponen tersebut memang dapat menyimpan memori. Dalam artian, komponen tersebut dapat mengingat besar arus yang mengalir melaluinya. Jadi, memristor dapat dipakai untuk membuat jenis memori komputer yang tidak membutuhkan sumber energi dari luar.
Kebanyakan komputer yang diproduksi saat ini menggunakan memori DRAM (dynamic random access memory) yang kehilangan data saat sumber listrik dimatikan. Namun, komputer yang dibuat dengan memristor mungkin dapat dihidupkan dengan cepat tanpa menunggu waktu booting up. Memristor juga dapat digunakan untuk membuat ponsel yang mungkin tidak lagi membutuhkan pengisian ulang baterai.
“Itulah aplikasi menarik yang potensial, dan sesuatu yang realistis,” ujar Profesor Stan Williams, salah satu anggota tim yang melaporkan hasil penelitiannya. Ia dan timnya juga sudah membuktikan bahwa rangkaian dua memristor dengan konfigurasi yang disebut crossbar latch dapat difungsikan sebagai transistor sehingga dapat dengan mudah dipalikasikan untuk membuat chip.
“Crossbar latch adalah fungsi yang Anda inginkan dari transitor namun bekerja dengan sifat fisika yag sangat berbeda,” ujar Profesor Williams. Bahkan, teknologi ini dapat dipalikasikan dalam taraf molekul sehingga memristor dapat dibuat dengan ukuran jauh lebih kecil daripada transistor konvensional.
Memristor diprediksi menjadi komponen penting dalam industri chip masa depan yang menuntut jumlah komponen semakin besar dalam sebuah chip sesuai tantangan Hukum Moore yang dicetuskan pendiri Intel. Namun, komponen tersebut baru akan diterima saat terbukti dapat bekerja stabil saat dirangkai dalam jumlah sangat banyak.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kumis post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger